Survei Simulasi Charta Politika: PDIP akan Ditinggalkan Pemilihnya Jika Tak Usung Ganjar Pranowo Capres 2024

- Rabu, 30 November 2022 | 13:30 WIB
Ilustrasi, Elektabilitas Ganjar Pranowo naik dalam rilis survei Charta Politika (voxtimur.pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi, Elektabilitas Ganjar Pranowo naik dalam rilis survei Charta Politika (voxtimur.pikiran-rakyat.com)

LAJUPANTURA.COM - Charta Politika melakukan survei bertajuk ‘Persepsi Publik Terkait Kinerja Pemerintah dan Peta Elektoral Terkini’ pada 4-12 November 2022. Salah satu hasilnya menyebut jika Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi ditinggalkan pemilihnya seandainya tidak memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Prediksi ini muncul setelah Charta Politika melakukan satu simulasi dengan judul ‘Dukungan Terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Ganjar Pranowo’. Sebanyak 31% responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tidak akan memilih PDIP jika partai berlambang banteng itu tak mencalonkan Ganjar sebagai Capres 2024.

Dalam simulasi itu pula, sebanyak 87,5% pemilih PDIP dan Ganjar akan tetap memilih Gubernur Jawa Tengah itu seandainya tidak diusung oleh PDIP sebagai capres 2024. Lima persen sisanya tidak akan memilih Ganjar jika tidak diusung PDIP.

Baca Juga: Skala Survei Indonesia Prediksi Gerindra akan Raih Peningkatan Suara 6,4% pada Pemilu 2024

“Sebanyak 31% responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tidak akan memilih PDI-P jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP. Dan 87,5% responden pemilih PDI-P dan Ganjar Pranowo menyatakan tetap memilih Ganjar Pranowo meskipun tidak dicalonkan oleh PDI-P,” Kata Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya.

Simulasi yang dilakukan Charta Politika ini melibatkan 200 orang yang mengaku memilih PDIP dan Ganjar Pranowo. Dalam simulasi lain dengan tema sama yang melibatkan setidaknya 398 responden pendukung Ganjar menyebut jika Gubernur Jawa Tengah itu pantas menjadi capres Golkar jika tak diusung oleh PDIP.

“Responden yang menyatakan memilih Ganjar Pranowo, 22,9 persen menyatakan jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDI-P sebagai calon Presiden, sebaiknya maju melalui dukungan Partai Golkar,” imbuh Yunarto.

Baca Juga: GOTO PHK Ribuan Karyawan Demi Kesehatan Keuangan Perusahaan

Elektabilitas Ganjar juga meningkat bersanding dengan 10 nama capres 2024. Elektabilitas Ganjar berada di angka 32,6% jauh diatas capres lainnya seperti Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, Puan Maharani dan tokoh lainnya.

Halaman:

Editor: Puji Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Setujui Pagu Anggaran untuk KPU dan Bawaslu 2023

Minggu, 25 September 2022 | 21:25 WIB

Terpopuler

X