Pemkab Lamongan berhasil peroleh peningkatan Reformasi Birokrasi menjadi berpredikat BB pada tahun 2022

- Selasa, 6 Desember 2022 | 19:58 WIB
Pemkab Lamongan mempertahankan predikat nilai evaluasi SAKIP A dan peningkatan Reformasi Birokrasi menjadi berpredikat BB pada tahun 2022.
Pemkab Lamongan mempertahankan predikat nilai evaluasi SAKIP A dan peningkatan Reformasi Birokrasi menjadi berpredikat BB pada tahun 2022.

LAJUPANTURA.COM - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengaku bangga atas keberhasilan Lamongan mempertahankan predikat nilai evaluasi SAKIP A dan peningkatan Reformasi Birokrasi menjadi predikat BB pada tahun 2022.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan arahan Presiden RI Joko Widodo tentang reformasi birokrasi pada acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi.

Menurut Anas, arahan tersebut menegaskan bahwa birokrasi harus memberikan dampak yang langsung dirasakan oleh masyarakat dan tidak hanya sekedar administrasi. Selain itu, birokrasi juga harus lincah dan cepat.

Baca Juga: Gelar KRYD, Bojonegoro Cegah Kejahatan

"Birokrasi jangan mbulet, harus berdampak, kepala daerah yang hadir di tempat ini adalah termasuk kepala daerah dan teman-teman dari kementerian/lembaga yang kerjanya sudah berdampak. Mudah-mudahan kedepannya bisa kita tingkatkan," kata Anas.

Anas juga menjelaskan bahwa indikator penilaian Reformasi Birokrasi (RB) saat ini dan kedepannya akan lebih tajam dan terintegrasi dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tematik. Sebelumnya, tujuan RB sangat luas dengan meliputi 3 sasaran RB, 8 area perubahan, dan 11 sasaran program dengan fokus problem hulu.

Baca Juga: Pemerintah telah menyusun APBN tahun 2023, Sri Mulyani: defisit APBN pada tahun depan di bawah 3 persen

Namun, kedepannya melalui RB tematik tujuan akan hanya fokus pada 2 sasaran, yaitu general dan tematik (pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintah) dengan menggunakan fokus pelaksanaan problem dari hulu ke hilir.

Anas juga menyebutkan bahwa terdapat 4 syarat agar dapat tercapai keberhasilan dalam peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi. Syarat-syarat tersebut adalah komitmen, menyelesaikan akar masalah, kolaborasi, dan inovasi.

Halaman:

Editor: Khoirul Ulum

Sumber: prokopimkablmg

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar KRYD, Bojonegoro Cegah Kejahatan

Senin, 5 Desember 2022 | 19:53 WIB

Haul Akbar Masyayikh Pondok Pesantren Langitan ke-52

Jumat, 9 September 2022 | 12:53 WIB

Terpopuler

X