Pemkab Bojonegoro gerak cepat tangani tanah longsor yang terjadi di Desa Kedewan dan Wonocolo

- Kamis, 1 Desember 2022 | 10:43 WIB
Kabupaten Bojonegoro bergerak cepat dan sigap tangani tanah longsor yang terjadi di Desa Kedewan dan Wonocolo serta luapan air sungai yang menggenangi Desa Hargomulyo dan Beji Kecamatan Kedewan.
Kabupaten Bojonegoro bergerak cepat dan sigap tangani tanah longsor yang terjadi di Desa Kedewan dan Wonocolo serta luapan air sungai yang menggenangi Desa Hargomulyo dan Beji Kecamatan Kedewan.

LAJUPANTURA.COM - Pemkab Bojonegoro melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro bergerak cepat dan sigap tangani tanah longsor yang terjadi di Desa Kedewan dan Wonocolo serta luapan air sungai yang menggenangi Desa Hargomulyo dan Beji Kecamatan Kedewan, Selasa sore (29/11/2022).

Tanah longsor terjadi di Desa Kedewan dengan ketinggian 5 m dan lebar 4 m. Kejadian yang sama juga terjadi di Desa Wonocolo (100 m dari Balai Desa Wonocolo ke timur) dengan ketinggian 15 m dan lebar 11 m.

Baca Juga: Resmikan Pujasera Sumberwudi, Bupati Lamongan: dana desa manfaatkan untuk membangun perekonomian desa

Akibatnya 4 unit rumah terdampak kejadian longsor di antaranya 1 unit mengalami rusak berat dan 3 unit rusak ringan). Jalan utama dari Kedewan menuju Malo yang melewati Wonocolo - Kawengan juga tertutup longsoran tanah.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto telah berkoordinasi dengan Dinas PU SDA untuk mendatangkan alat berat, guna dilakukan pembersihan tanah longsor di lokasi tersebut. Selain itu pihaknya juga telah melakukan asesmen dan memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak.

Baca Juga: Ikuti Jejak Startup Lain, Ajaib Group PHK 67 Karyawannya Untuk Menyeimbangkan Kesehatan Finansial

Ardhian mengatakan bahwa untuk sementara akses jalan Malo-Kedewan (Kawengan-Wonocolo) ditutup, namun terkait genangan air di dua desa tersebut sudah surut. Terkait kejadian itu Ardhian mengungkapkan, bahwa kemarin terjadi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Kedewan dari jam 15.30 s/d 18.30 WIB.

Dampaknya, terjadi luapan air lewat sungai menggenangi rumah warga Desa Hargomulyo di Dusun Dangilo (32 KK) dan Dusun Bayangan (11 KK). Selain itu juga menggenangi 43 KK yang berada di Dusun Bulu Desa Beji dimana 1 unit rumah mengalami kerusakan ringan.

Baca Juga: Survei Simulasi Charta Politika: PDIP akan Ditinggalkan Pemilihnya Jika Tak Usung Ganjar Pranowo Capres 2024

Halaman:

Editor: Khoirul Ulum

Sumber: bojonegorokab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar KRYD, Bojonegoro Cegah Kejahatan

Senin, 5 Desember 2022 | 19:53 WIB

Haul Akbar Masyayikh Pondok Pesantren Langitan ke-52

Jumat, 9 September 2022 | 12:53 WIB

Terpopuler

X