Tingkatkan akses air minum dan sanitasi, Pemerintah Lamongan bangun Pamsimas di 6 desa

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:22 WIB
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, meresmikan secara langsung Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Sumber Lancar berlokasi di Desa Sumberdadi Kecamatan Mantup. (lamongankab.go.id)
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, meresmikan secara langsung Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Sumber Lancar berlokasi di Desa Sumberdadi Kecamatan Mantup. (lamongankab.go.id)

LAJUPANTURA.COM - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, meresmikan secara langsung Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Sumber Lancar berlokasi di Desa Sumberdadi Kecamatan Mantup.

Pamsimas Sumber Lancar Desa Sumberdadi Kecamatan Mantup tersebut mampu mengairi 160 aliran ke rumah warga setempat.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap dengan adanya Pamsimas Sumber Lancar tersebut, akan mampu memberikan manfaat pada masyarakat dalam hal akses air minum dan sanitasi yang lebih baik.

Baca Juga: Pemerintah tetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023 melalui SKB tiga menteri

"Semoga adanya Pamsimas ini akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat di Sumberdadi. Hari ini saya resmikan dan dapat dimulai penggunaannya," kata Pak Yes panggilan akrab Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Pelaksanaan Pamsimas dilakukan dengan melibatkan masyarakat yang memiliki peran aktif mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemeliharaan bersama tim fasilitator yang direkrut oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga: Pascatragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, FIFA akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia

"Harapannya setelah diresmikan, masyarakat yang sudah mendapatkan tanggung jawab untuk memelihara Pamsimas ini nanti dapat benar-benar menjaga dan mengelola dengan baik, agar tidak terhenti dan dapat terus memberikan manfaat," tambah Pak Yes.

Pamsimas ini bertujuan untuk meciptakan pola hidup bersih dan sehat pada masyarakat melalui peningkatan akses air minum dan sanitasi berkelanjutan dengan melibatkan peran aktif masyarakat.

Halaman:

Editor: Khoirul Ulum

Sumber: lamongankab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar KRYD, Bojonegoro Cegah Kejahatan

Senin, 5 Desember 2022 | 19:53 WIB

Haul Akbar Masyayikh Pondok Pesantren Langitan ke-52

Jumat, 9 September 2022 | 12:53 WIB

Terpopuler

X