Mensesneg Kirim Surpres ke DPR RI untuk Pergantian Panglima TNI, KASAL Yudo Margono Jadi Kandidat Kuat

- Senin, 28 November 2022 | 12:50 WIB
Ilustrasi, Panglima TNI Andika Perkasa akan pensiun pada 21 Desember 2022 (pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi, Panglima TNI Andika Perkasa akan pensiun pada 21 Desember 2022 (pikiran-rakyat.com)

LAJUPANTURA.COM - Teka teki pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa akan segera menemui titik terang. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno telah dijadwalkan mengirim Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI pada hari, Senin, 28 November 2022 ke DPR.

Dari sejumlah nama, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Yudo Margono disebut akan menjadi pengganti Jenderal Andika Perkasa. Hal ini merujuk tradisi giliran antar matra TNI sebagai Panglima.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR, Indra Iskandar menyebut Surpres akan dikirim sekitar pukul 16.00 WIB dan diterima langsung oleh Ketua DPR, Puan Maharani. Setelah itu, Surpres akan ditindaklanjuti oleh Komisi I untuk dilakukan fit and proper test terhadap calon yang Panglima TNI yang diusulkan Presiden.

Baca Juga: Shell Berencana Hengkang dari Masela, Konsorsium UEA dan China Siap Merapat

Seharusnya pengiriman Surpres Panglima TNI dikirim pada Rabu, 23 November lalu. Namun, hal ini tertunda lantaran Puan Maharani tengah dalam kunjungan sidang parlemen ASEAN di Kamboja.

“Untuk penyampaian Surpres Calon Panglima TNI oleh Mensesneg dijadwalkan hari ini jam 16.00 WIB, yang akan diterima oleh Ketua dan pimpinan DPR,” kata Indra Iskandar.

Pengiriman Surpres Panglima TNI dikirim seiring dengan semakin dekatnya masa pensiun Jenderal Andika Perkasa yang jatuh pada 21 Desember mendatang. Merujuk Pasal 13 UU TNI, Presiden harus menunjuk nama penggantinya 20 hari sebelum panglima TNI lama pensiun.

Baca Juga: Gerindra-PKB Saling Terbuka Ditengah Penjajakan Koalisi dengan PDIP

Masa 20 hari itu terhitung sebelum masa reses anggota DPR yang tahun ini akan jatuh pada 16 Desember 2022. Sehingga, DPR paling lambat harus menerima Surpres tersebut pada 25 November lalu.

Halaman:

Editor: Puji Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X