Pemerintah akan Resmikan Tiga Daerah Otonom Baru di Papua Bulan Depan

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:45 WIB
Ilustrasi, DOB Papua yang disetujui pemerintah (pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi, DOB Papua yang disetujui pemerintah (pikiran-rakyat.com)

LAJUPANTURA.COM - Pemerintah berencana akan segera meresmikan 3 Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua pada bulan ini atau November depan. Tiga DOB itu meliputi Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyebut nantinya peresmian ini akan dibarengi dengan pelantikan pejabat gubernut DOB yang telah ditunjuk oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Beberapa nama pejabat sudah ditunjuk untuk mengawal DOB Papua tersebut.

Marthen Kogoya misalnya, Pj Bupati Tolikara (Papua Pegunungan), diminta Tito untuk mendukung pembentukan provinsi baru. Bahkan, Tito meminta Marthen untuk rajin turun ke bawah untuk memastikan semua kesiapan tanpa harus meninggalkan tugas utamanya di Tolikara.

Baca Juga: NasDem Intens Jalin Komunikasi dengan Anies Baswedan Guna Merancang Masa Depan di Pemilu 2024

“Kita tahu bahwa ada tiga DOB yang akan segera diresmikan mungkin akhir bulan ini paling lambat awal November dengan pelantikan pejabat gubernurnya,” kata Tito Karnavian.

Tito juga berpesan kepada semua pejabat yang nantinya dilantik agar bijak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dana itu harus digunakan untuk kepentingan rakyat Papua dan menjaga stabilitas keamanan disana.

Kemendagri bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah menggelar Rapat Koordinasi atau Rakor Penyerahan Barang Milik Daerah/BMD kepada Provinsi DOB. Rapat ini ditujukan untuk mempercepat penyerahan BMD kepada DOB di Papua.

Baca Juga: AS Sudutkan Arab Saudi, Anggota OPEC Saling Mendukung Pengurangan Produksi Minyak

Dalam rakor tersebut, juga dilakukan inventaris BMD Provinsi Papua dan kabupaten setempat yang nantinya akan masuk DOB. Selain itu, dibahas pula prosedur dan tata cara validasi data maupun penyerahan BMD kepada pejabat dan pegawai yang akan mengurusi DOB.

Halaman:

Editor: Puji Harianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X